Selasa, 08 Januari 2013

uas psikologi persepsi

1.poster makanan tradisional
Add caption

 Klanting adalah jajanan pasar tradisional khas dari jawa timur, biasanya di jual di pasar pasar tradisional yang di bungkus dengan daun pisang ataupun kertas bungkus . Rasanya lezat dan manis dengan diberi tambahan parutan kelapa dan gula menambah kenikmatan saat memakanya dengan tekstur yang lembut dilidah dan kenyal ,bagi orang yang memakannya memiliki keunikan tersendiri dari jajan tradisional yang lain. Harganya pun murah yaitu rata rata 500 rupiah per tusuk orang bisa menikmatinya karena pas dikantong dan juga pas dilidah sebagai camilan atau untuk di suguhkan.Klanting walaupun jajanan tradisional tapi memiliki tidak kalah jika di banding dengan jajanan moderen lainnya buktinya hingga sekarang jajanan pasar ini dapat bertahan dan masih diminati. solusi agar membuat jajanan tradisional ini bisa bersaing dengan jajanan moderen lainya, dengan pengemasan yang lebih moderen (tidak lagi menggunakan daun pisang) dan dengan membuat iklan dengan menunjukan fotografi yang tepat yang menonjolkan visual dari klanting yang di susun menarik dan menggugah selera maka akan lebih menarik terutama konsumen kelas menengah atas karena mungkin belum tau jajanan tradisional ini.

 konsep :simpel namun lezat, karena pada dasarnya klanting dari cara membuat hingga menikmatinya sangatlah simpel dan tidak rumit namun tetap memiliki daya jual tinggi sehingga dari segi penampilang orang yang menikmatinya serasa memakan makanan yang kelas atas dengan harga yang murah.

visual: secara keseluruhan seperti klanting pada umunya yaitu di taruh pada daun pisang agar kesan tradisional nya tetap ada dan disusun ber tumpuk untuk lebih membuat klanting itu menarik, lalu di beri headline sate klanting untuk menegaskan saja, lalu tagline pas dikantong pas dilidah yang bermaksud memberi tahukan bahwa klanting itu murah ,enak namun tampilanya menarik dan tidak kalah dengan jajanan moderen.

segmentasi :, terutama kalangan menegah keatas agar lebih familiar dengan jajanan tradisional ini.karena untuk kalangan menengah kebawah sudah familiar dengan jajanan tradisional ini.

kesesuaian budaya: karena yang diutamakan kalangan menengah keatas maka di buat agar menarik , simpel dan menonjolkan kelebihan dari klanting agar lebih komunikatif

prediksi pasar:di harapkan semua kalangan tertarik dan membuat konsumen yang belum pernah memakannya menjadi tertarik untuk mencobanya


2.poster kritik sosial



.Bangsa yang kuat dan kokoh adalah bangsa yang menjunjung tinggi nilai nilai dasar dan tetap menjalankannya tanpa mengesampingkan dengan hal pribadi dan golongan yang dapat meruntuhkan persatuan. Contohnya kejahatan yang tidak di adili dengan semestinya yang memicu turunya kepercayaan masyarakat terhadap hukum dan hukum di anggap bisa di beli sehingga dimanfaatkan oleh oknum oknum tertentu untuk memenuhi kepentingan pribadi.

konsep : simpel dan tegas. Di poster yang kedua saya membahas tentang indonesia  yaitu mengkritik  tentang persatuan bangsa yang mulai runtuh dan mengancam keutuhan bangsa, yang disebabkan oleh bangsa nya sendiri

visual  Di sini saya ilutrasikan dengan garuda yang di dalamnya terdapat warna merah putih yang menegaskan hal itu terjadi di indonesia saat ini dan semakin parah dengan ditunjukan kedua hal tersebut menghilang dan memudar dan semakin habis karena sebab yang negatif ,contohnya tentang perselisihan antar kelompok agama ataupun suku 


segmentasi :dari segi font yang tegas dan desain yang simpel  ini ditujukan pada orang orang yang suka mengamati perkembangan informasi seperti  kalangan masyarakat usia 30-40 tahun yang sudah memiliki pemikiran yang kritis tentang sosial yang terjadi dimasyarakat

kesesuaian budaya: masalah ekonomi dan sosial banyak sekali terjadi di negara ini dan berdampak sangat signifikan pada semua peristiwa ,yang dapat meruntuhkan persatuan dan kesatuan.sehingga masyarakat harus sadar bahwa keributan dan permasalahan itu   membuat bangsa hancur.

prediksi: di harapkan masyarakat memberi respon positif dan pesan yang ada dalam poster tersampaikan dengan baik , membuat masyarakat sadar dan membuat pemikiran masyarakat menjadi lebih baik 


Nurani

Di poster yang ketiga saya membahas tentang  peran kepedulian  manusia terhadap alam/lingkungan. Di sini saya ingin mengkritik tentang  yang menjadikan hewan sebagai media hiburan namun dengan cara yang salah dan tidak peduli bagaimana nasib dan lingkungan habitat hewan itu. saya mengambil contoh topeng monyet disini terlihat monyet itu sedang ber akting sebagai pemain gitar namun disitu  terlihat dengan leher yang dirantai, manusia apa bila diperlakukan seperti itu pasti akan sangat terhina namun pada kasus topeng monyet hal ini di jadikan media hiburan , salah satu hiburan rakyat seperti ini banyak dilihat anak anak kecil generasi penerus seharusnya memberi contoh yang baik .Seiring berkembangnya jaman hutan telah banyak yang di jadikan sebagai ladang terbuka dan makhluk didalamnya pun di eksploitasi , ibarat sudah jatuh tertimpa tangga , habitat hewan rusak dan hewan pun di eksploitasi. Seharusnya sebagai manusia yang cerdas lebih bisa merawat dan melestarikan lingkungan bukan malah merusaknya ,dan tanamkan sejak dini untuk perduli terhadap lingkungan .




Tidak ada komentar:

Posting Komentar